Riwayat

Apa yang dulu dimulai dengan 32 petani kentang yang duduk mengelilingi meja dapur kini, setengah abad kemudian, telah menjadi sebuah perusahaan global. Dari pendiriannya pada tahun 1962, 'Aardappel Verwerkende Industrie Keppel en Omstreken' ('Industri Pengolahan Kentang Keppel dan Environ', atau Aviko) telah terbukti sebagai organisasi yang membumi dan ambisius dengan hanya satu tujuan: menciptakan nilai dari kentang.

1962 - 1999

Semuanya dimulai di sebuah pabrik susu tua di Hoog Keppel. Ini kemudian mengarah pada produksi keripik dingin dalam krat kayu, disusul dengan cepat dengan produk beku pertama. Relokasi ke Steenderen menyusul pada tahun 1967, di mana sebuah pabrik batu tua menawarkan ruang lebih besar bagi ambisi Aviko. Aviko ingin menjangkau ke luar batas negara, terutama untuk pengembangan produk kentang baru.

Pada awal 1970, misalnya, Aviko menjadi salah satu perusahaan pertama di luar Swiss yang memproduksi Rösti. Dekade yang penuh keberhasilan menyusul, dan selama itu Aviko memperkuat posisinya di Eropa, dengan pasar Jerman dan Perancis memimpin. Tembok Berlin runtuh dan Aviko dengan cepat bermanifestasi menjadi pemimpin pasar di Eropa Timur, sebagian karena pendirian pabriknya di Polandia. Pada tahun 1990, ekspansi pertama ke luar Eropa diupayakan dan Aviko memperoleh pijakan yang kuat di benua lain. Sejak saat itu, Aviko menjadi pemain global yang menghadirkan produk kentang berkualitas tinggi di meja makan di semakin banyak negara. Kami diam-diam bangga dengan perkembangan ini, tetapi di dalam hati kami, kami masih sekadar petani kentang dari Keppel.

2000 - sekarang

Dalam abad ke-21, penekanan utama kami adalah pada perluasan jajaran kentang dengan produk kentang berkualitas tinggi dan produk istimewa lainnya. Aviko telah menggabungkan kekuatan dengan Eurofrits, yang memberikan tambahan sangat bagus dalam ragam hidangan pembuka. Pertumbuhan yang signifikan untuk produk kentang tumbuk dan gratin kentang Aviko juga telah dicapai melalui akuisisi Eurofreez Belgia.

Pada tahun 2014, Aviko mengakuisisi saham mayoritas Amberger, yaitu bisnis keluarga Bavaria, di Oberdolling, Jerman. Akuisisi ini juga memberi Aviko jajaran produk kentang istimewa yang lebih beragam lagi dan memperkuat serta meningkatkan layanannya ke pasar Layanan Makanan di Jerman dan Austria.